7 Tips Memilih Jaket Gunung untuk Para Pendaki

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan tips memilih jaket gunung yang tepat untuk para pendaki Indonesia, dan seperti yang kita ketahui jaket gunung adalah salah satu perlengkapan mendaki gunung yang wajib kita bawa saat melakukan pendakian.

Dengan itu kita harus cermat dalam memilih jaket gunung yang akan kita pakai dalam kegiatan yang menurut saya cukup extreme ini. Kalo anda ngasal atau kurang tepat dalam memilih jaket gunung ini maka itu cukup berbahaya.
Tips Memilih Jaket Gunung
Jaket Wild Otudoor

Mengingat kegiatan yang ahir-ahir banyak peminatnya ini selain menyenangkan juga mempunyai resiko yang cukup besar, salah satu resiko yang paling menakutkannya adalah kecelakaan karene kelalaian dank arena kesalahan pemilihan perlengkapan mendaki.

Salah satu yang harus kita perhatikan adalah pemilihan jaket gunung, untuk penjelasannya akan di bahas secara detail di bawah ini.

Bahan Jaket

Hal yang pertama yang harus kita perhatikan adalah bahan untuk membuat jaket gunung tersebut, pilihlah jaket gunung dua lapis yang bahan luarnya menggunakan bahan yang tidak tembus air dan angin biasanya di bahan tersebut di lapisi balon, contohnya saja bahan dengan kain Taslan waterproof atau Goretex.

Untuk bahan dalamnya menggunakan Bahan Polar, Polar sendiri di gunakan untuk menahan dingin atau membuat badan tetap terasa hangat ketika dalam keadaan cuaca yang dingin.

Kalo boleh admin saran untuk jaket gunung yang kriteria bahannya seperti di atas dan harganya lebih murah namun kualitasnya sangat bagus anda bisa membelinya di toko online dengan merk “Wild Outdoor” jaket dengan brand ini saat ini sedang ramai karena kualitasnya yang sangat bagus yang di tambah harganya juga lumayan murah.

Ukuran Jaket

Ukuran jaket juga tidak kalah penting untuk di perhatikan, kenapa? Karena dengan ukuran jaket yang pas, “maksud pas di sini bukan pas banget di badan tapi nyamannya ya”, memudahkan kita dalam bergerak saat mendaki gunung.

Jangan memilih jaket gunung yang telalu ngepress di badan karena itu akan membuat gerak kita tidak nyaman terlebih lagi akan membuat kita lebih merasa panas atau gerah karena minimnya sirkulasi udara di antar jaket dan badan kita.

Jangan juga memilih jaket gunung yang ukurannya terlalu besar, karena itu juga tidak akan membuat kita merasa nyaman.

Jahitan Jaket

Jahitan pada jaket gunung juga harus di perhatikan, sekarang ini banyak produsen jaket gunung yang kurang memperhatikan kerapihan jahitan, kadang ada juga yang baru beberapa hari dari pembelian jaketnya udah rebok dari jahitannya. Ketika membeli jaket gunung lihat juga jahitannya rapih atau tidak hal ini supaya jaket yang kita beli tidak mudah rusak.

selain itu tanyakan juga apakah jahitannya sudah memakai siler atau belum, kalo bisa carilah jaket gunung yang jahitannya sudah memakai siler.

Fungsi dari siler sendiri adalah untuk menahan air yang rembes dari jahitannya, biasanya kalo kena hujan kecil jahitan yang tanpa siler memang tidak akan rembes air tapi kalo hujannya gede banget maka air akan tembus lewat jahitan tersebut.

Resleting Jaket

Dalam pemiliha resleting jaket jangan lupa jaket pilihlah jaket gunung yang menggunakan resleting waterproof supaya saat hujan terjadi, air tidak rembes melalui resleting.

Kalo perlu tes juga siram dengan air pada resletingnya Karen sekarang ini banyak resleting waterproof yang masih tembus air.


Saku Jaket 

Untuk saku jaket tampaknya di sesuaikan aja ya dengan kebutuhan, tapi kalo kamu memilih jaket gunung yang jahitannya tanpa menggunakan siler maka pilih jaket gunung yang sakunya sedikit. Kenapa? Karena dengna memilih jaket yang sakunya sedikit maka jumlah air rembes melalui jahitannya juga sedikit.

Hoody Jaket

Pilihlah juga jaket gunung yang mempunyai hoody yang fungsinya sudah tidak umum lagi yakni untuk melindungi kepala kita baik dari hujan maupun dari panasnya teris sinar matahari dalam pendakian.

Pemilihan Merk

Untuk merk pastinya kalian sudah punya pilihan sendiri, banyak merk yang menawarkan ragam model jaket gunung yang sangat keren-keren, di antaranya Jack wolfskin, Wild Outdoor, The Nort Face dan masih banyak lainnya. Tapi yang paling penting adalah kegunaanya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai tips cara memilih jaket gunung yang nyaman di gunakan saat mendaki gunung, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca semua.
Terimakasih

Anda Butuh bantuan ? Mau tanya-tanya tentang 7 Tips Memilih Jaket Gunung untuk Para Pendaki ? Silahkan kontak kami.

No comments: